Selasa, 28 Desember 2010

TIDUR PAGI, ADA MANFAATNYA G’ YA ??

Menurut pernyataan yang pernah saya dengar, setelah shubuh itu bisa memperkuat hafalan lho, apalagi klo’ kita gunakan untuk menghafal Al qur’an..wah udah berapa surah or berapa juz yang udah kita hafal klo’ dalam satu minggu aja waktu tidur pagi kita diganti dengan menghafal stiap harinya.
Ibnul Qayyim menjelaskan dalam kitabnya tentang banyak tidur itu dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu. So, ngapain kita menambah waktu tidur kita yang udah semalaman dengan tidur pagi, sayangkan waktu hidup kita hanya banyak digunakan buat tidur terus..
Bukan berarti kita g’ boleh tidur lho Sob, ada waktu-waktu tertentu yang seharusnya kita menggunakannya untuk tidur, misalnya :
1. Tidur ketika kita memang butuh seperti karena lelah, de eL eL.
2. Tidur di awal malam ini lebih bermanfaat dari pada tidur di akhir malam, s0.. jangan sering-sering begadang ya apalagi seorang muslimah, hhe
3. tidur di pertengahan siang ini lebih bermanfaat daripada tidur di waktu pagi dan sore. Apalagi di waktu pagi dan sore sangat sedikit sekali manfaatnya bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, lebih-lebih lagi tidur di waktu ‘Ashar dan awal pagi kecuali jika memang tidak tidur semalaman.

Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang sholih. Sehingga klo’ mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barokah (banyak kebaikan).” (Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah)
Klo’ kita ambil kesimpulannya, tidur pagi itu :
a. Tidak sesuai ma petunjuk Al Qur’an n As-Sunnah.
b. G’ termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush sholih (generasi terbaik umat ini), bahkan merupakan perbuatan yang dibenci.
c. Tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya.
d. Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya.
e. Menghambat datangnya rizki.
f. Menyebabkan berbagai penyakit badan.
Ni bukan nakut-nakuti ya, saya Cuma’ menyampaikan dari yang pernah saya baca, terkadang saya juga g’ sengaja ketiduran kq Sob, tapi saya usaha’in g’ gitu lagi, hhe
{ kq malah curhat },
Ya... Maksudnya kita saling mengingatkan Aja dEch..^^

2 komentar:

  1. hmmm... kalo kata ustad syatiby "uenak kok "

    heaheahea

    BalasHapus
  2. Hhe m6kin i2 mRupakan kinayah bwt qt bIar qt g' tduR pas plajaRan bLiau..

    BalasHapus