Kamis, 02 Juni 2011

I LiKe pLanet VenuSs..;)

Planet venus bisa dilihat dengan mata telanjang seperti halnya planet merkurius, venus biasanya terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit, sehingga venus di sebut bintang timur atau bintang pagi. Jadi klo’ tidur pagi gak bisa ngliat planet Venus, hhe. Kadang-kadang juga venus terlihat di sebelah barat sebelum matahari terbenam, sehingga venus dinamakan bintang senja, bintang barat, atau bintang kejora.
Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain yang ada di tatasurya kita ini. Selain itu, jangka waktu rotasi Venus lebih lama dari pada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi matahari.
Cincin Planet
Planet venus tidak memiliki cincin, karena planet ini terdapat di bagian planet dalam. Yang memiliki cincin adalah planet bagian luar seperti jupiter, saturnus, uranus, neptunus.

DI UNGKAPNYA MISTERI VENUS
Selama ini para ahli astronomi belum berhasil menemukan jawaban dari keanehan yang terjadi di planet venus. Yang jelas, venus tersusun atas materi yang sama dengan bumi kecuali kenyataan bahwa venus jauh lebih kering, beratmosfir lebih padat dan panasnya mampu melelehkan timah. Venus juga berotasi terbalik dibanding semua planet dalam tata surya kita. John Huw Davies, ilmuwan dari Cardiff University di Inggris mengemukakan bahwa venus terbentuk dari benturan dua materi pembentuk planet yang berukuran sangat besar. Dalam proses pembentukan itu, semua kandungan air musnah dan menyebabkan kondisi Venus yang kering. Penjelasan itu bukan tidak mungkin karena sebagian besar ilmuwan yakin bahwa bulan juga terbentuk dari hasil benturan sebuah materi pembentuk planet sebesar Mars dengan Bumi. Venus diperkirakan dibentuk dari benturan materi yang jauh lebih besar lagi. Beberapa ilmuwan meragukan pendapat Davies ini namun mereka masih belum menemukan celah dalam pernyataan Davies yang cukup detail tersebut. Menurut Davies besarnya massa yang bertubrukan menghasilkan energi yang cukup besar untuk memecahkan air menjadi unsur penyusunnya yaitu Hidrogen dan Oksigen. Hidrogen kemudian menguap sedangkan Oksigen menyatu dengan besi dan menyatu dengan inti planet. Sejauh ini belum ada kesatuan pendapat antara para ilmuwan namun Davies yakin bahwa pendapatnya layak untuk di tindak lanjuti lebih jauh lagi.
HILANGNYA AIR DI PLANET VENUS
Pada deteksinya yang pertama, Venus Express berhasil menjejak proses hilangnya lapisan atmosfer pada Planet Venus dari sisi siang planet tersebut, tetapi tahun lalu, wahana antariksa itu telah mengungkap bahwa sebagian besar atmosfer planet itu hilang di malam hari. Kombinasi dua pendeteksian atmosferik ini membawa para antariksawan semakin dekat memahami apa yang sebenarnya terjadi pada air Planet Venus yang diduga pernah semelimpah Planet Bumi.
SUMBER :
www.antara.co.id/arc/2008/12/19/bagaimana-air-di-planet-venus-bisa-hilang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar